Smadav
Apps

Smadav

Download Smadav – Zainuddin Nafarin adalah anak bangsa Indonesia yang berhasil menciptakan antivirus bernama Smadav. Zainuddin juga berperan sebagai pengembang dari antivirus ini.

Smadav sendiri mulai dikembangkan pada 2006. Dapat dikatakan bahwa Smadav merupakan antivirus pilihan yang tepat bagi para pengguna yang ingin menggunakan antivirus dengan size ringan.

Alasannya adalah bahwa Smadav memiliki ukuran instalasi yang sangat kecil (hingga 2MB). Tak hanya itu, antivirus ini juga tidak menggunakan banyak koneksi internet saat digunakan pada PC online.

Ketika Smadav aktif, hanya membutuhkan lebih sedikit memori dibandingkan antivirus lain, bahkan pengembang mengklaim bahwa Smadav biasanya hanya membutuhkan sekitar 10MB memori.

Tentu saja, jumlah kecil sumber daya yang diperlukan dan ukurannya yang kecil tidak mempengaruhi kinerja komputer kamu, apalagi menghambat kinerja komputer kamu.

Baca juga: Download Norton

Tidak seperti antivirus pada umumnya, yang mana tidak dapat dipasangkan dengan antivirus lain. Jika kamu menggunakan Smadav, kamu dapat memasang antivirus lain secara berdampingan dengan Smadav untuk melindungi software dari perangkat komputer kamu secara ekstra.

Keunggulan dan Fitur Smadav

1. One-Virus By-User

Dengan fitur ini kamu dapat menambahkan file virus berbahaya dan membersihkannya secara manual. Namun, jika kamu tidak ingin mempersulit, kamu juga dapat melaporkan berbagai jenis virus yang ditemukan di halaman laporan virus yang disediakan di situs web resmi Smadav.

Virus yang dilaporkan pada laman website resmi akan diperiksa di laboratorium Smadav untuk dimasukkan dalam basis data virus untuk pembaruan selanjutnya. Semakin banyak virus yang kamu temukan, semakin efisien pengembang akan mendeteksi virus baru.

2. Process Manager

Sama halnya dengan nama yang dimiliki, fitur ini dapat membantu kamu mengatur program yang tengah berjalan pada perangkat PC. Dengan hadirnya fitur ini, kamu bisa melihat informasi tentang aplikasi yang tengah berjalan, seperti penggunaan memori dan lain-lain.

Yang lebih menariknya lagi, dengan adanya fitur ini, kamu dapat menghentikan sebuah program yang tak dibutuhkan atau menghabiskan banyak sumber daya. Pada dasarnya, fitur ini hampir sama dengan fitur Task Manager (program yang disediakan oleh Windows).

Baca juga: AVG Antivirus

3. Win-Force

Fitur yang satu ini dapat kamu gunakan untuk membuka program manajemen pada Windows, contohnya saja seperti System Configuration Utility, Task Manager, Registry, Command Promp, dan masih banyak lainnya.

4. Smad-Lock 

Memang benar bahwa virus selalu bisa menyerang objek vital dari perangkat software, yakni data penyimpanan. Akan tetapi, kamu tak perlu lagi khawatir, karena Smadav telah menghadirkan sebuah fitur yang dapat mengunci Drive komputer ataupun USB flash drive.

Smadav secara otomatis akan menciptakan sebuah folder yang diberi nama autorn.inf yang berfungsi untuk mengantisipasi penyerangan drive oleh file autorn.inf yang berbahaya. Dapat dikatakan bahwa fitur ini sangat bermanfaat untuk melindungi data dari serangan virus shorcut yang umumnya menyerang flash disk.

5. System Editor

Fitur yang satu ini memiliki peran untuk memperbaiki fungsi pengaturan komputer atau PC kamu yang sudah diubah oleh virus. Tak hanya itu saja, jika kamu menggunakan komputer publik seperti di warnet. Dengan hadirnya fitur ini, kamu dapat mengatur program sistem Windows tanpa harus mempunyai hak Administrator.

6. Proteksi USB Flashdisk

Dapat kita katakan bahwa flashdisk merupakan salah satu media untuk penyebaran virus yang cukup mudah dan banyak digunakan. Untungnya, Smadav akhirnya berhasil mengembangkan sebuah fitur yang berfungsi untuk mencegah virus menyebar melalui flashdisk.

Meski ada beberapa jenis virus yang tak ada dalam daftar database. Namun, Smadav tetap berhasil melakukan pendeteksian virus baru tersebut pada flashdisk berkat kemampuan khusus yang telah disematkan didalamnya.

Baca juga: Download Avira

7. Proteksi tambahan untuk komputer

Berbeda sekali dengan antivirus lainnya yang tak dapat dijalankan secara bersamaan dengan antivirus berbeda. Dengan kamu menggunakan layanan antivirus Smadav, kamu dapat menggunakan antivirus lain, yang mana Smadav memiliki peran sebagai proteksi tambahan untuk dapat memperkuat komputer kamu dari serbuan virus.

Singkat kata, Smadav adalah antivirus yang bisa dibilang sebagai pilihan pas untuk kamu yang tengah mencari antivirus dengan ukuran kecil dan ringan tetapi tetap dapat melindungi komputer kamu dari serangan virus berbahaya.

Catatan Rilis

2020 Rev. 14.1

  • Penambahan database untuk jenis virus baru sebesar 270.300.
  • Memperbarui dan mengoptimalkan Smadav AI, kini dapatmendeteksi virus di USB Flash disk secara menyeluruh.
  • Perbaikan pada fitur update otomatis.
  • Memperbaiki dan memperbarui aplikasi utama agar lebih mudah dan cepat untuk dibuka.
  • Memperbaiki rangkaian bug yang terjadi dan meningkatkan fitur lainnya.

Download Smadav 

Versi terbaru 14.1
Publisher Smadav Antivirus
Sistem Operasi Windows
Kategori Aplikasi Keamanan dan Privasi
Lisensi Freeware

Download Smadav

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *