oleh-oleh banyuwangi

Oleh-oleh Khas Banyuwangi

Oleh-oleh Khas Banyuwangi – kalau mendengar nama kota Banyuwangi, apa terlintas di benak kamu? Sebagai wilayah yang mendapatkan julukan Bumi Blambangan ini mempunyai hal-hal unik yang tidak akan kamu temukan di daerah lain di Indonesia.

Oleh sebab itu, tempat asal muasal suku Osing ini harus masuk dalam daftar pelesir yang akan kamu lakukan kelak.

Berbicara tentang keindahan alam, Banyuwangi memiliki fenomena alam yang sangat indah dan mungkin tidak bisa kamu temukan di seluruh Indonesia.

Benar! Keindahan alam yang kita maksud adalah tentang api biru yang muncul pada jam-jam tertentu yang berada di Kawah Ijen.

Api biru yang muncul akibat reaksi pertemuan antara gas bumi dan oksigen pada suhu tertentu hanya bisa kamu temui di Banyuwangi dan Islandia. Betapa membanggakannya keindahan alam yang dimiliki oleh Indonesia.

Namun pada kenyataannya, masih banyak orang yang belum mengetahui betapa indahnya Banyuwangi ini.

Padahal, Banyuwangi ini merupakan wilayah yang memiliki titik objek wisata keren yang banyak sekali bisa kamu kunjungi. Mulai dari situs budaya, situs bersejarah, lokasi untuk tempat foto, bahkan hingga air terjun yang dapat menyegarkan mata kamu.

Setelah kamu puas berjalan-jalan untuk menikmati keindahan alam yang ada di Banyuwangi sekaligus mengabadikan momen indah tersebut. Sudah menjadi budaya kita untuk selalu membawa buah tangan untuk kerabat, teman, saudara, rekan kerja, dan sebagainya.

Kamu tidak perlu khawatir tentang oleh-oleh yang ingin kamu bawa, karena Medistia telah merangkumkan informasi tentang oleh-oleh khas Banyuwangi yang bisa kamu bawa sebagai hadiah di bawah ini.

1. Kue Bagiak

Oleh-oleh khas Banyuwangi

Kue bagiak merupakan jajanan atau makanan ringan yang sudah menjadi ciri khas dari kota Gandrung ini.

Oleh-oleh khas Banyuwangi yang satu ini selalu kerap diburu oleh wisatawan karena rasa yang dimilikinya begitu gurih dan enak.

Kue bagiak sendiri terdiri dari berbagai jenis atau varian rasa yang bisa kamu pilih. Mulai dari rasa pandan, vanilla, kacang, durian, dan masih banyak lainnya.

Dengan memborong kue bagiak tidak akan membuat kamu bangkrut loh. Sebab, selain rasa yang dimiliki oleh kue bagiak yang begitu enak, ternyata harga yang dibanderol untuk oleh-oleh khas Banyuwangi yang satu ini sangat terjangkau dan ekonomis.

Yang lebih membahagiakan lagi adalah kue ini bisa kamu temukan hampir di seluruh gerai ataupun pusat oleh-oleh yang ada di kota Banyuwangi.

2. Ladrang

jajanan khas Banyuwangi

Ladrang atau yang juga bisa disebut Sabrang merupakan jajanan yang cukup populer di kalangan masyarakat Banyuwangi.

Ladrang merupakan jajanan yang memiliki sensasi rasa enak dan gurih.

Selain itu ladrang juga dipercaya dapat mengobati penyakit obesitas, diabetes, dan juga kanker. Ketiga jenis penyakit tersebut dipercaya masyarakat dapat diobati dengan mengonsumsi ladang secara rutin.

Persepsi itu muncul bukan karena asal atau tendesi untuk menarik minat pembeli, pada kenyataannya ladrang memiliki kandungan kolin, betakaroten, dan juga serat pada ladrang yang sangat cocok untuk kamu konsumsi yang sedang diet.

Kandungan serat pada ladrang juga tergolong banyak yang mana sangat baik untuk melancarkan pencernaan kamu.

3. Rengginang

oleh oleh khas banyuwangi

Untuk kamu yang suka dengan jajanan tradisional, mungkin tidak akan asing lagi dengan yang namanya rengginang.

Jajanan yang satu ini mungkin tergolong mudah ditemukan dimana saja, tidak harus pergi jauh-jauh ke Banyuwangi. Akan tetapi, rasa rengginang Banyuwangi memang sangat khas dan berbeda jika dibandingkan dengan rengginang yang dijual di kota lain.

Salah satu contoh keunikan yang dimiliki oleh rengginang khas Banyuwangi adalah proses pembuatannya.

Rengginang Banyuwangi tidak mengalami proses pengeringan di bawah sinar matahari, melainkan di oven selama beberapa menit. Setelah itu rengginang diangkat dan digoreng.

Oleh-oleh khas Banyuwangi ini hadir dalam beberapa jenis rasa, mulai dari terasi, cumi-cumi, dan udang. Jadi tidak hanya bisa dinikmati dengan rasa original saja ya.

4. Pisang Sale

oleh-oleh khas banyuwangi anisa kabupaten banyuwangi jawa timur

Apakah kamu termasuk dari salah satu penggemar pisang sale atau sale pisang? Oleh-oleh yang satu ini dapat dikatakan mudah sekali ditemukan di beberapa wilayah di Indonesia.

Jika kamu ingin mengonsumsi pisang sale, kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Banyuwangi. Tetapi kalau berbicara soal rasa, pisang sale asal Banyuwangi mungkin bisa dikatakan sebagai penghasil pisang sale yang memiliki rasa yang enak dan sulit untuk dilupakan.

Rasa gurih yang dihasilkan pada pisang saleh berasal dari proses pengeringan yang membutuhkan waktu tidak sebentar. Semakin lama pisang sale dijemur, maka semakin kuat rasa gurih yang dihasilkan.

Olahan pisang sale juga hadir dalam beberapa varian, contohnya seperti pisang sale goreng, pisang sale basah, ataupun pisang sale yang digulung. Kamu lebih suka yang mana? Komen ya di bawah.

5. Kue Untir-Untir

oleh oleh khas banyuwangi terdekat

Kue untir-untir atau kue yang diputar-putar adalah cemilan atau jajanan khas dari kota Banyuwangi. Bentuk yang dimiliki oleh jajanan ini terbilang unik.

Kue untir-untir juga memiliki cita rasa yang sangat gurih, renyah, dan juga manis. Untuk kamu yang suka sekali dengan cemilan ringan ketika menonton tv atau sekedar bersantai sambil menikmati alam sekitar, mungkin satu bungkus kue untir-untir tidak akan berasa.

Oleh sebab itu, jangan ragu untuk kamu membeli kue untir-untir dalam jumlah banyak karena harga yang dibanderol untuk kue untir-untir tergolong ekonomis dan sangat terjangkau.

Leave a Comment