OBS Studio
Apps

OBS Studio

OBS Studio adalah software open-source yang diperuntukkan secara gratis yang dapat digunakan untuk merekam live streaming atau game di komputer. Meski software ini sepenuhnya gratis, entah itu dipergunakan untuk keperluan komersiap ataupun non-komersial. Fitur yang disuguhkan dalam software ini sangatlah lengkap.

Kita juga tahu bahwa software perekam layar dan live streaming gratis umumnya akan menyediakan beberapa fitur dan itu sangat terbatas. Akan tetapi berbeda cerita dengan OBS Studio. Meski software ini dapat dikatakan gratis, namun mempunyai beragam fitur yang sangat relevan dan premium yang mampu memenuhi kebutuhan live streaming kamu.

OBS Studio dapat kita katakan sebagai salah satu produk perangkat lunak gratis dengan fitur lengkap yang premium. Tak berhenti disitu saja, software ini juga bersifat open-source yang mana dapat kamu gunakan untuk melakukan siaran langsung di berbagai platform yang ada, contohnya saja seperti Facebook, Youtube, Hitbox, Twitch, dan masih banyak lainnya.

Baca juga: PowerISO

Yang membuat lebih keren lagi adalah kamu tidak hanya dapat merekam langsung dari webcam dan mikrofon saja. Tetapi kamu juga bisa menangkap seluruh program yang tengah berjalan pada layar komputer kamu.

Fitur Unggulan OBS Studio

OBS Studio merupakan software yang cukup sering dipergunakan oleh orang-orang dan tentu saja bukan tanpa alasan. Aplikasi ini memiliki beragam macam keunggulan yang membuat para penggunanya sangat senang menggunakannya. Berikut fitur unggulan OBS Studio.

1. Dapat merekam dan mencampurkan video maupun audio

Ketika kamu tengah melakukan live streaming, terkadang kamu perlu untuk menangkap beberapa bagian pada layar komputer kamu, terutama jika kamu tengah merekam sebuah video terkait dengan tutorial.

Dengan memanfaatkan OBS Studio, kamu dapat merekam serta mencapurkan video ataupun audio secara bersamaan dari berbagai macam sumber yang ada. Contohnya saja dari webcam, peramban, mikrofon, dan masih banyak lainnya.

2. Dibekali dengan mixer audio yang intuitif

Kualitas video memang menjadi hal yang harus diperhatikan saat kita melakukan live streaming. Tetapi, kamu juga wajib untuk melakukan kontrol terhadap audio agar para penonton dapat mendengar suara kamu dengan nyaman.

OBS Studio juga telah dibekali kemampuan untuk mencampur audio yang intuitif yang mampu difilter berdasarkan sumber suara, mulai dari pengaturan noise audio, supperssion, gain, dan masih banyak lainnya. Apabila kamu melakukan mixer bawaan dari software ini, mungkin kamu akan mengalami sedikit kekurangan. Tapi, kamu dapat memanfaatkan plugin VST untuk mengatur secara detail dan maksimal sesuai dengan keinginan kamu.

Baca juga: Format Factory

3. Tentukan hotkey untuk mempermudah kamu dalam melakukan tindakan tertentu

OBS Studio ternyata telah dilengkapi dengan fitur hotkey atau dikenal shortcut yang bisa mempermudah kamu dalam mengambil tindakan tertentu, mulai dari memulai hingga menghentikan streaming melalui tombol, mematikan audio, push to talk, dan masih banyak hal lainnya yang bisa dilakukan dengan shortcut.

4. Studio mode

Saat kamu tengah melakukan siaran langsung, mungkin hal tak terduga seperti kesalahan-kesalahan kecil sering terjadi tiba-tiba. Namun, dengan menggunakan software ini, maka kamu akan diuntungkan dengan mode studio yang memiliki fitur untuk melakukan pratinjau terlebih dahulu sebelum video tersebut dapat dilihat atau ditonton oleh penonton kamu.

Singkat cerita dari Medistia. OBS Studio adalah salah satu software perekam layar dan live streaming gratis terbaik apabila dibandingkan dengan software yang lainnya. Tak hanya itu saja, software ini juga dibekali dengan beragam macam fitur yang sangat lengkap. Software ini juga dapat digunakan di beberapa operating system, seperti Windows, MacOS, Linux, dan sebagainya.

Baca juga: Winamp

Catatan Rilis

25.0.8

  • Adanya penambahan pada ikon status yang berada disamping timer ketika merekam dan streaming.
  • Adanya penambahan ikon putih untuk judul dok.
  • Adanya penambahan pada nama file sebenarnya ketika kamu menjelajahi file LUT.
  • Adanya perubahan pada sumber media yang tidak menutup file ketika tidak aktif.
  • Adanya perbaikan tentang masalah server ketika melakukan layanan streaming.
  • Adanya perbaikan atas kebocoran memori.
  • Terhapusnya persyaratan untuk bisa menggunakan hotkey buffer replay.
Versi terbaru 25.0.8
Publisher Jim
Sistem Operasi Windows
Kategori Aplikasi Multimedia
Lisensi Freeware

Download OBS Studio Terbaru

Download Installer 32-bit

Download Installer 64-bit

Download Portable 32-bit

Download Portable 64-bit

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *