makanan khas thailand

Makanan Khas Thailand

Makanan Khas Thailand – Kali ini kita akan membahas tentang tujuan atau destinasi wisata yang cukup terkenal di Asia, yakni Thailand.

Selain Malaysia dan Singapura, ternyata Negara Gajah Putih juga kerap diminati oleh masyarakat Indonesia.

Selain mempunyai pantai yang banyak dan indah, kita juga disuguhkan sebuah pemandangan negara dengan banyaknya pagoda.

Jadi tidak ada alasan untuk menyalahkan jika Thailand kerap dijadikan sebagai destinasi liburan, karena di sini kepuasan wisata bisa kamu dapatkan dengan mudah dan beragam.

Tidak hanya itu saja, dalam hal kulinerpun, Thailand juga tidak kalah dengan negara-negara yang ada di Asia Tenggara. Banyak sekali makanan khas Thailand yang cukup populer dan mungkin sudah sangat familiar dengan lidah kita.

Berikut ini beberapa daftar makanan khas Thailand yang dapat membuat kamu betah berlama-lama di sini.

1. Mango Sticky Rice

Mango Sticky Rice

Siapa diantara kamu yang baru dengar nama kuliner lezat ini? Hayo ngaku! Nama kuliner ini adalah Mango Sticky Rice, Mango Sticky Rice merupakan hidangan penutup yang sangat populer di Thailand.

Kuliner ini sama persis dengan nama yang dimilikinya. Bahan yang digunakan untuk membuat mango sticky rice adalah beras ketan, mangga, campuran santan, garam, dan juga gula aren.

Proses pembuatannya yang pertama adalah mengukus beras ketan dan kemudian dicampur dengan santan, garam, dan juga gula aren. Setelah itu ditambahkan dengan irisan buah mangga.

Variasi dalam hidangan ini biasanya menggunakan ketan ungu yang terbuat dari campuran ketan hitam dan ketan putih khas Thailand atau kamu juga bisa mengganti buah mangga dengan buah lain seperti durian (semua tergantung selera).

Berbicara tentang cita rasa, Mango Sticky Rice terbilang sangat unik akan rasa karena memiliki campuran rasa dari rasa gurih, manis, segar, dan juga sedikit asam.

Harga yang dibanderol untuk satu porsi Mango Sticky Rice adalah Rp10.000 saja.

2. Pad Thai

Pad Thai

Pad Thai merupakan kuliner mie nasi tumis yang cukup terkenal sebagai salah satu kuliner streed food di Thailand meski beberapa restoran terkenal juga menyediakan kuliner ini.

Berbahan dasar utama mie beras kering yang telah digoreng bersama telur dan tahu cincang, dengan penggunaan bumbu seperti saus asam, udang kering, bubur asam, bawang merah dan putih, cabai merah, dan juga gula aren.

Dan biasanya disuguhkan dengan jeruk nipis ataupun kacang panjang untuk menambah kenikmatan dari kuliner ini.

Ada juga varian yang menggunakan sayuran berbeda ataupun protein hewani yang lain.

Kalau diperhatikan secara sekilas, Pad Thai ini hampir sama dengan kewtiaw, cita rasa yang dimiliki cukup khas yang mana terdapat rasa manis, asin, dan juga asam.

Harga yang dibanderol untuk satu porsinya adalah Rp30.000.

3. Tom Yum

makanan & oleh-oleh khas thailand

Tom Yum atau bisa juga disebut Tom Yam merupakan makanan khas Thailand yang berasal dari olahan sup khas Thailand yang memiliki cita rasa pedas dan asam.

Tom Yum cukup terkenal akan rempah-rempahnya yang begitu harum dan banyak dipergunakan dalam pembuatan kaldu, serta penggunaan untuk pasta khas yang biasa disebut Nam Prik Pao.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat Tom Yum adalah udang atau daging babi. Tentang proses pengolahannya juga berbeda dari 2 bahan tersebut.

Jika menggunakan udang, maka dimasukkan ke dalam sup yang telah mendidih, jika menggunakan daging babi maka dimasukkan ke dalam sup sebelum mendidih.

Adapun varian lain dari kuliner ini, yakni menggunakan daging ayam sebagai bahan utama dan disebut sebagai Tom Yam Kai. Untuk yang menggunakan santan disebut Tom Yum Nam Khon, dan masih banyak varian lainnya.

Harga yang dibanderol untuk 1 porsi TOm Yum adalah Rp15.000 saja.

4. Kaeng Khiao Wan

macam-macam makanan dari thailand

Kuliner berikutnya yang akan kita bahas adalah Kaeng Khiao Wan. Kaeng Khiao Wan mempunyai makna kari hijau, dan merupakan sebuah cairan kari khas dari negara Gajah Putih ini.

Warna hijau yang dihasilkan oleh Kaeng Khiao Wan pada dasarnya berasal dari cabai hijau, jadi tidak heran jika rasa yang dihasilkan lebih pedas dibandingkan dengan kari merah.

Untuk membuat Kaeng Khiao Wan tidak hanya membutuhkan cabai hijau saja, adapun santan, pasta kari hijau, saus ikan, dan gula aren, terkadang ada yang menggunakan terong atau bahkan buah untuk diikutsertakan dalam membuat Kaeng Khiao Wan.

Untuk membuat pasta kari hijau, kamu membutuhkan racikan bumbu seperti biji jintan, garam, dan pasta udang. Setelah itu digoreng dengan menggunakan krim kelapa.

Kaeng Khiao Wan umumnya disajikan bersama dengan mie, nasi, daging sapi ataupun daging ayam, dan juga roti.

Untuk bisa menikmati satu porsi Kaeng Khiao Wan, kamu harus mengeluarkan uang sebesar Rp20.000 saja.

Baca juga:
Makanan Khas LamonganMakanan Khas Pontianak
Makanan Khas WonosoboMakanan Khas Palembang

5. Kaeng Phet

kuliner khas thailand

Kali ini kita akan membahas tentang kari merah atau yang biasa disebut sebagai Kaeng Phet.

Untuk membuat Kaeng Phet, kamu memerlukan campuran bumbu kari merah, santan, dan juga daging seperti daging sapi, ayam, ataupun babi.

Untuk membuat kari merah secara tradisional, kamu membutuhkan ulekan ataupun cobek untuk menghaluskannya.

Untuk membuat bumbu kari merah, kamu memerlukan campuran cabai merah, lengkuas, bawang merah dan putih, terasi, jintan hitam, lada, garam dan beberapa bumbu lainnya.

Berbicara tentang pengolahnnya, semua bumbu yang telah dihaluskan dimasak dalam wajan dengan menggunakan minyak goreng dan satan kelapa.

Kaeng Phet umumnya memiliki cita rasa yang pedas dan kaya akan rempah, harga yang dibanderol mulai dari Rp20.000/porsi.

Leave a Comment