Ikan Kuah Kuning

Makanan Khas Ternate

Makanan Khas Ternate – Mari kita kulik sedikit tentang Kota Ternate. Kota ternate merupakan sebuah kota yang berada di bawah kaki gunung api Gamalama yang berada di Provinsi Maluku Utara. Kepulauan Maluku adalah wilayah yang mempunyai banyak pulau yang tersebar.

Kota Ternate merupakan salah satu kota yang berkembang dari kota pelabuhan. Melalui tata kota Ternate, kita bisa melihat bahwa kota ini adalah kota yang memiliki bentuk gaya ke Eropa an.

Selain itu, Kota Ternate juga dikenal sebagai kota kepulauan yang mempunyai luas wilayah sekitar 542.736 kilometer persegi dengan 8 pulau di dalamnya. Pulau-pulau tersebut terdiri atas Pulau Moti, Pulau Ternate, Pulau Mayau, Pulau Hiri, dan Tifori. Berbicara soal pulau yang tidak berpenghuni antara lain Pulau Maka, Pulau Gurida, dan Mano.

Pulau Ternate mempunyai kontur topografi yang sangat unik dan beragam. Mulai dari pegunungan yang sangat terjal, hutan, gunung berapi, bahkan hinga pesisir pantai dengan batuan karang yang beragam.

Tanah Ternate merupakan tanah yang sangat subur. Itulah sebabnya kenapa Ternate menjadi pusat penghasil rempah-rempah seperti pala dan juga cengkeh yang selalu diburu oleh para penjajah untuk perdagangkan.

Jadi jangan heran apabila disini banyak sekali penginggalan seperti benteng pertahanan yang dibangun untuk tempat pertahanan yang sekarang menjadi objek wisata masyarakat lokal maupun internasional.

Dengan adanya dukungan pemerintah yang memudahkan transportasi dan juga infrastruktur, kota Ternate sekarang menjadi kota yang cukup banyak dikunjungi para wisatawan karena objek wisatanya yang sangat indah dan mengagumkan.

Selain tempat wisata yang begitu indah dan banyak, ternyata wisata kuliner yang ada di Kota Ternate tidak kalah, lho! Jadi, jangan sampai kamu melewatkan menu kuliner yang ada di kota indah ini.

Berikut ini beberapa daftar makanan khas Ternate beserta penjelasan dan gambar.

1. Ikan Kuah Kuning

Ikan Kuah Kuning

Ternate adalah salah satu wilayah yang berbatasan dengan laut yang mana hasil laut sudah pasti melimpah. Jadi, tidak mengherankan apabila olahan laut di Ternate cukup banyak. Contohnya saja seperti ikan kuah kuning.

Seperti yang kamu bayangkan melalui namanya, kuliner ini mempunyai kuah yang cukup kental dan berwarna kuning. Warna ini tercipta dari rempah kunyit. Ikan Kuah Kuning merupakan salah satu kuliner yang paling sedap ketika dihidangkan bersama dengan nasi dan menu lainnya.

Pada umumnya, ikan kuah kuning dimasak dengan memanfaatkan bumbu seperti bawang putih, daun kemangi, jeruk nipis dan rempah pilihan lainnya yang membuat kuliner ini sangat menyegarkan.

Bahan utama dari pembuatan ikan kuah kuning biasanya adalah ikan barakuda. Namun, ikan jenis lainnya juga bisa kamu olah untuk dijadikan ikan kuah kuning.

Contoh ikan lain yang bisa kamu manfaatkan seperti ikan tongkol, ikan tuna, dan juga kerapu. Ikan kuah kuning bisa kamu dapatkan melalui warung makan ataupun restoran yang berada di Ternate.

Harga dari ikan kuah kuning cukup bervariasi, mulai dari harga Rp 30.000 hingga diatasnya. Semua itu tergantung dari jenis ikan yang dipergunakan sebagai bahan utamanya.

2. Gohu Ikan

Gohu Ikan

Sushi merupakan makanan khas Jepang yang memanfaatkan olahan daging mentah ikan untuk dikonsumsi. Ternyata, di Ternate juga mempunyai makanan yang hampir sama dengan sushi. Makanan khas tersebut diberi nama Gohu Ikan.

Dalam proses pengolahannya, kita membutuhkan daging ikan tuna mentah yang kemudian dipotong menjadi beberapa bagian kecil yang kemudian dilumuri dengan perasan jeruk nipis dan garam untuk mengurangi aroma amis pada daging ikan tersebut.

Setelah itu, daging ikan yang telah dipotong tipis dicampur dengan tumisan bawang merah, dan daun kemangi serta cabai rawit yang telah dirajang kasar. Meskipun tidak melalui proses olahan yang dimatangkan, aroma amis pada daing tidak terasa sama sekali, lho!

Hal ini disebabkan karena proses pengolahan daging ikan yang tepat, jadi aroma amis pun menghilang dengan sendirinya ketika daging tersebut dicampur dengan garam dan perasan air lemon.

Tahukah kamu, bahwa tingkat kementahan daging juga dapat berkurang apabila didiamkan dalam beberapa saat.

Disini, kamu juga bisa memanfaatkan jenis daging dari ikan lainnya, seperti ikan tongkol ataupun ikan cakalang.

Jika kamu merasa malas membuat Gohu Ikan, kamu bisa membelinya melalui warga lokal dengan harga Rp 30.000/porsi.

3. Nasi Lapola

Nasi Lapola

Nasi Lapola merupakan salah satu kuliner yang sangat sering dikonsumsi oleh warga asli Ternate.

Nasi Lapola juga menjadi salah satu makanan yang sangat disukai oleh masyarakat Ternate dan kamu harus mencobanya. Bahan-bahan yang dimanfaatkan untuk bisa membuat kuliner ini adalah parutan buah kelapa muda, beras, dan kacang tolo.

Dalam proses penyajiannya, nasi lapola yang masih hangat akan didampingi dengan menu tambahan seperti ikan teri, ikan tongkol, sayur lalapan, dan beberapa menu lauk lainnya.

Untuk bisa mendapatkan kuliner khas Ternate ini, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 6.000 saja. Sudah murah, bergizi lagi!

Yuk, baca juga :

4. Lapis Palaro

lapis palaro

Bila kita mendengar kata lapis, selalu terbayang dalam benak kita adalah kue lapis. Tetapi, lapis palaro adalah kuliner yang berbeda dengan kue lapis.

Lapis palaro adalah kuliner khas Ternate yang memanfaatkan daging sapi sebagai bahan utamanya. Mempunyai tekstur yang empuk dan lezat membuat lapis palaro menjadi makanan yang sangat terkenal di kota Ternate. Semua itu disebabkan karena bumbu rempah pilihan yang dipilih secara khusus.

Citarasa yang dihasilkan oleh lapis palaro bisa dibilang hampir sama dengan rendang. Akan tetapi, lapis palaro lebih pedas karena terdapat campuran cabai dalam proses pengolahannya.

Daging dari makanan ini biasanya dipotong dengan bentuk pipih yang kemudian direbus terlebih dahulu sebelum dibumbui. Lapis palaro dapat kamu temui di beberapa rumah makan ataupun restoran yang ada di kota Ternate.

Meski bahan utamanya adalah daging sapi, kamu tidak perlu khawatir tentang harga karena masih sangat terjangkau dengan uang yang kamu miliki kok. Harga yang dipatok untuk satu porsi lapis palaro sekitar Rp 35.000.

5. Sambal Colo

Sambal Colo

Makanan khas Ternate ke-5 yang akan Medistia bahas adalah Sambal Colo. Seperti yang kita tahu bahwa setiap daerah sudah pasti mempunyai menu sambal yang khas. Sama halnya dengan Ternate. Sambal Colo menjadi ikon dari kota Ternate dalam kuliner pedasnya.

Tahukah kamu bahwa sambal colo selalu ada dalam hidangan makan sehari-hari warga Ternate? Wow bangetkan!

Tapi kamu jangan kaget, hal ini disebabkan karena sambal colo mempunyai citarasa yang khas dan dapat membuat makanan menjadi lebih lezat ketika dimakan bersama dengan sambal ini.

Untuk proses pembuatan sambal colo, tergolong sangat mudah. Bahan yang harus kamu siapkan adalah tomat, bawang merah, jeruk nipis, gula, garam, dan pastinya cabai rawit.

Sambal colo biasanya dihidangkan bersama dengan daun kemangi untuk menambah aroma khasnya.

6. Kohu-kohu

Kohu-kohu

Kohu-kohu merupakan makanan khas Ternate yang memiliki bentuk seperti urap. Tetapi, ada pembeda yang jelas diantara kedua makanan ini, apa itu? Yakni isiannya.

Bahan apa saja yang harus disiapkan untuk membuat kohu-kohu? Kamu hanya perlu menyiapkan kacang panjang, singkong, tauge, dan daun kemangi. Semua sayuran dikumpulkan jadi satu dan dilumuri bumbu khusus.

Setelah itu, berikan parutan kelapa muda, daging ikan cakalang asap yang sudah disuwir, bawang merah, dan juga perasan jeruk nipis.

Pada umumnya, kohu-kohu dinikmati bersama dengan nasi hangat, nasi jagung, ataupun ubi. Tidak hanya itu, kohu-kohu juga dapat kamu gunakan sebagai makanan penutup.

Kamu bisa mendapatkan kohu-kohu di berbagai macam warung makan ataupun restoran di Ternate.

Leave a Comment