Mochi

Makanan Khas Sukabumi

Makanan khas Sukabumi – Kali ini kita akan membahas mengenai kota terkecil yang berada di Jawa barat. Nama kota ini adalah Kota Sukabumi. Sukabumi sampai detik ini masih mempunyai 2 pendapat yang saling berbeda.

Pendapat pertama menyatakan bahwa nama Sukabumi berasal dari kata bahasa Sanskerta, yakni Suka (kebahagian, kesukaan, kesenangan) dan Bhumi (tanah, bumi). Jadi kalau diartikan menjadi “Bumi yang disenangi” atau “Bumi yang disukai”.

Pendapat kedua menyatakan bahwa nama Sukabumi berasal dari bahasa Sunda. Yakni Suka dan Bumen (menetap) yang mempunyai makna tentang suatu wilayah yang disukai untuk menetap, dikarenakan Sukabumi memiliki iklim yang sejuk.

Apapun pendapat yang dituju untuk kota sejuk ini, tidak mempengaruhi tingkat kepopulerannya di kalangna masyarakat Indonesia. Hal ini juga didasari karena tempat wisata yang sangat indah dan asri.

Ketika kita mengunjungi suatu daerah, selain tempat wisata yang jadi target kita, kita sudah pasti akan mencari informasi tentang kuliner khas dari daerah tersebut. Tidak luput juga tentang oleh-oleh khas sebagai ciri khas yang bisa kita berikan kepada keluarga ataupun orang-orang yang kita kenal.

Hal ini juga berlaku untuk kamu yang berkunjung ke Sukabumi. Yuk, simak informasi lengkap dan menarik yang sudah dirangkum Medistia tentang makanan khas Sukabumi di bawah ini.

1. Mochi

Mochi

Diantara kalian, siapa yang tidak mengenal makanan mochi? Penganan enak ini selalu bisa menjadi menu kuliner favorit bagi sebagian orang.

Mochi mempunyai tekstur yang sangat lembut dan kenyal serta warna pada mochi cukup beragam membuat tampilan makanan ini sangat mempesona dan lucu. Untuk rasa dan isian tergolong cukup banyak perkembangan, contohnya seperti mochi isi durian, kacang, cokelat, original dan lainnya.

Kamu bisa mendapatkan berbagai macam jenis mochi sesuai selera di Sukabumi. Di Sukabumi ada begitu banyak toko kue yang menjual penganan ini, namun ada mochi yang sangat terkenal di Sukabumi, yakni mochi kue lampion.

Mengenai kualitas dan rasa dari kue mochi lampion sudah tidak diragukan lagi. Proses pengolahan yang benar dan baik membuat kue mochi lampion menjadi primadona di Sukabumi. Meski harga dari kue mochi ini dapat mengurang kantong, tapi kamu tidak akan merasa dirugikan alias sebanding dengan apa yang kamu dapatkan nanti ketika kamu mencobanya.

2. Nasi Uduk Ungu

Nasi Uduk Ungu

Makanan khas Sukabumi selanjutnya yang tidak kalah populer adalah nasi uduk ungu. Yang menjadi kuinikan tersendiri dari makanan ini adalah warna nasinya yang berwarna ungu. Ini sangat jauh berbeda dengan nasi uduk pada umumnya yang sering kita jumpai.

Warna ungu yang didapat pada nasi ini berasal dari buah bit atau ubi ungu. Jadi, warna ungu pada nasi uduk ini berasal dari perwarna makanan alami, bukan perwarna makanan yang berbahan dasar kimia. Sangat aman dan menyehatkan.

Mengenai menu lauknya ada berbagai macam, seperti ayam goreng, tahu, telur dadar, tempe, lalapan, dan masih banyak lainnya. Siapapun yang mencoba nasi uduk ungu ini, dijamin bakal ketagihan.

Dengan komposisi bahan yang tepat, tentu rasa khas dan gurih akan didapat. Dan yang lebih penting adalah kamu tidak akan bisa menemui makanan ini di kota lain. Jadi, jangan lewatkan nasi uduk ungu ini dalam list wisata kulinermu.

3. Sagon Bakar

Sagon Bakar

Kali ini kita akan membahas tentang makanan ringan asal Sukabumi. Nama dari makanan ini adalah kue Sagon yang terbuat dari tepung sagu dan berbagai macam campuran bahan lainnya.

Ada begitu banyak varian kue sagon yang beredar di kalangan masyarakat saat ini. Contohnya seperti kue sagon bakar.

Sagon bakar sendiri terbuat dari parutan kelapa sebagai bahan utamanya. Sagon bakar pada umumnya disajikan dalam bentuk persegi panjang ataupun kotak. Rasa yang dihadirkan sangatlah gurih khas dari rasa kelapa parutnya.

Sagon bakar dapat kamu jadikan sebagai teman nyemil ketika kamu berkeliling menikmati indahnya kota Sukabumi, atau kamu bawa pulang untuk dijadikan sebagai buah tangan.

4. Sate Aci

Sate Aci

Kalau kita menelaah dari namanya, kita akan paham bahwa makanan ini terbuat dari aci atau tepung kanji. Tepung kanji dibentuk dan diolah dengan memanfaatkan suhu api kecil, setelah itu dicampur dengan berbagai macam bahan penyedap rasa lainnya. Jangan lupa diaduk secara perlahan dan jangan sampai aci tersebut menggumpal.

Setelah adonan jadi, kamu bisa menuangkannya pada cetakan yang telah ditusuk menggunakan lidi. Tunggu aci tersebut dingin, kemudian angkat. Kamu dengan gembira bisa menyajikan sate aci ini seperti sate ayam, yakni dilumuri dengan bumbu kacang.

Karena proses pembuatannya tergolong mudah dilakukan, kamu pun dapat membuat sate aci khas kamu sendiri di rumah.

Yuk, baca juga:

5. Roti Priangan

Roti Priangan

Makanan khas Sukabumi selanjutnya adalah makanan legendaris, yakni roti priangan. Roti ini mempunyai adonan khusus yang selalu sering diburu oleh para wisatawan entah itu dari wisawatan lokal ataupun luar.

Rasa yang dihadirkan dari roti priangan sangatlah lezat dan nikmat. Karena rasanya yang begitu luar biasa, membuat roti ini selalu sulit untuk ditolak oleh para penikmatnya.

Roti priangan yang mempunyai nama awal Oey Tjiang Lie mulai berdiri pada tahun 1943 hingga saat ini. Dari sini sudah membuktikan bahwa betapa banyaknya orang yang tersihir oleh kelezatan kuliner yang satu ini, dan kamu pun akan menjadi korban kelezatan dari roti ini berikutnya.

Menyantap penganan ini sangat pas ditemani dengan secangkir teh hangat dan suasana senja.

Bagi kamu yang tengah berlibur di kota Sukabumi, jangan sampai lupa untuk membagikan momen bahagia menyantap kuliner ini bersama keluarga ya.

6. Nasi Hijau

Nasi Hijau

Salah satu hasil kreasi orang-orang kreatif dari Sukabumi adalah nasi hijau. Kita sudah biasa mendengar atau mengenal nasi kuning yang mengambil warna kuning dari kunyut. Akan tetapi, nasi hijau mendapatkan warna alaminya bukan dari daun suji ataupun daun pandan, melainkan dari daun bayam yang telah dicampur dengan bahan alami lainnya.

Sudah pasti nasi hijau terjamin akan gizi dan kesehatannya, karena menggunakan bahan-bahan alami yang ada.

Citarasa yang disajikan juga tidak kalah dengan nasi kuning ataupun makanan lain yang berbahan dasar nasi. Nasi hijau sangat pas untuk kamu makan bersama dengan ayam goreng, kerupung,m bawang goreng, telur dadar, dan pastinya tidak lupa dengan sambal. Jadi jangan pernah kamu melewatkan menu kuliner Sukabumi ini ya.

7. Sekoteng Singapore

Sekoteng Singapore

Kalau kita mengulas kembali, daritadi kita hanya membahas soal makanan khas Sukabumi, terus minumnya apa? Nanti kalau enggak minum, bisa-bisa tersedak nih. Kali ini kita akan membahas mengenai menu minuman yang tidak boleh kamu lewatkan.

Nama dari minuman yang sangat enak dan terkenal ini adalah sekoteng Singapura.

Pada umumnya, minuman ini dapat kamu temukan di malam hari. Kuliner ini, konon katanya berasal dari negara tetangga, yakni Singapura.

Kalau berbicara tentang rasa, sudah pasti memiliki ciri khas tersendiri yang mana sekoteng Singapura memiliki roti jahe yang sangat istimewa yang mampu membantu meningkatkan sisi kehangatan dalam tubuh kita.

Lantas, bagaimana? Sudah terbayangkan soal rasa dan kehangatan yang didapat? Tunggu apalagi sih? Ayo serbu sekarang minuman khas Sukabumi ini ketika kamu berkunjung ke Sukabumi!

Pemberitahuan! Semua catatan yang Medistia bagikan adalah data terakhir pada saat tulisan ini tercipta. Apabila terdapat perubahan yang kamu ketahui, tolong informasikan kepada kami melalui kolom komentar di bawah ya. Terima Kasih sobat Medistia.

Leave a Comment