makanan khas pontianak

Makanan Khas Pontianak

Makanan Khas Pontianak – Siapa diantara kamu yang belum pernah berkunjung ke Pontianak? Kali ini Medistia akan membahas tentang keunikan khas dari salah satu kota terbesar di Kalimantan yang berada di Kalimantan Barat ini. Pontianak juga sangat terkenal sebagai tempat wisata tugu katulistiwanya.

Sebagai salah satu kota yang dilewati oleh sungai Kapuas, Pontianak juga mempunyai banyak sekali tempat wisata yang cukup unik dan menarik untuk kamu mkunjungi, baik itu wisawatan lokal maupun mancanegara.

Namun, kamu tidak hanya bisa berwisata alam ataupun ke tempat wisata lainnya, kamu juga dapat berwisata kuliner di Pontianak ini. Hal ini dikarenakan Pontianak mempunyai beberapa makanan khas yang wajib untuk kamu coba.

Sebagai wisatawan, travllers, ataupun hanya sekedar mampir ke Pontianak untuk keperluan tugas atau pekerjaan, akan sangat disayangkan jika kamu tidak mencicipi makanan khas Pontianak ini.

Penasaran apa saja makanan khas Pontianak? Berikut ini beberapa daftar makanan khas Pontianak yang sangat lezat dan wajib kamu coba!

1. Pengkang

Kuliner khas Pontianak

Pengkang merupakan makanan khas Kalimantan Barat yang bisa kamu temukan atau dapatkan dengan mudah di Kota Pontianak.

Pengkang adalah makanan yang terbuat dari ketan dan kalau dalam bahasa Kalbar disebut dengan nama pulut. Bentuk dari pengkang dapat dikatakan hampir mirip dengan lemper yang ada di pulau Jawa. Bedanya Pengkang dengan lemper adalah bagian isi, pengkang biasanya diisi dengan udang ebi.

Kemasan dari pengkang juga terbilang unik dimana dilapisi dengan daun pisang yang memiliki bentuk segitiga sama kaki yang dijempit menggunakan bambu. Cita rasa yang dihasilkan oleh pengkang tergolong manis dan khas.

Pengkang biasanya diolah dengan cara dikukus, sehingga rasa dan aromanya begitu lengket dan kuat.

Pengkang dapat kamu beli di Pondok Pengkang dan pasar di Pontianak dengan harga mulai dari Rp10.000/jepit. Udah murah, enak lagi!

2. Bubur Pedas

makanan khas pontianak halal

Kali ini kita akan membahas kuliner khas suku Melayu Sambas di Kalimantan Barat yang bernama Bubur Pedas atau yang biasa disebut Bubbor Paddas.

Meski nama dari bubur ini menggunakan kosakata pedas, namun sebenarnya kuliner ini tidak memiliki sensasi pedas sama sekali.

Kata pedas disini sebagai istilah oleh suku Melayu Sambas yang mempunyai arti sayuran dan rempah di dalamnya.

Bubur ini mempunyai isi dari berbagai macam sayuran, contohnya saja seperti kangkung, pakis, kesum khas Kalimantan Barat dan masih banyak lainnya.

Agar lebih lengkap dan menyehatkan, bubur ini diberi ikan teri dan juga kacang.

Sajian kuliner sehat ini dapat kamu beli di Pondol Burdas Merdeka Baru dan Bubur Pedas Pak Ngah yang dibanderol mulai dari Rp10.000/porsi.

3. Jorong-jorong

makanan khas pontianak di jakarta

Kali ini kita akan membahas tentang kue tradisional khas Pontianak yang biasa disebut dengan Jorong-jorong.

Kue ini biasanya dibalut dengan lembaran daun pandan yang mempunyai tekstur lembut dan beraroma wangi.

Untuk proses pembuatan Jorong-jorong dapat dikatakan tergolong agak lama.

Mulai dari mengumpulkan daun pandan yang memiliki ukuran besar, mengaduk tepung dengan campuran santan dan gula, hingga proses pengukusan hingga matang.

Perpaduan manis dan gurih menjadi rasa dominan pada Jorong-jorong. Jorong-jorong juga dapat dinikmati dengan berbagai macam varian toping di atasnya, contohnya saja seperti coklat chips, dan lainnya.

Kue lezat ini dapat kamu beli di Ibu Sujiah dan Toko Kue Bingke Kamboja yang dibanderol mulai dari Rp2.000/buah.

Baca juga:
Makanan Khas JepangMakanan Khas Batam
Makanan Khas TernateMakanan Khas Purwokerto

4. Burung Punai

makanan khas pontianak kalimantan barat

Keragaman masyarakat di daerah Kalimantan Barat menjadi hal utama untuk memperkaya kajian tradisional khasnya.

Salah satu hasil dari keragaman masyarakatnya adalah Burung Punai. Kuliner yang menggunakan bahan dasar burung khas Kalbar ini diolah dengan cara dibakar ataupun dimasak.

Burung punai biasanya dapat kamu temukan di hutan sekunder, rawa air tawar, hutan bakau, dan juga perkebunan masyarakat.

Burung punai umumnya hidup secara bergerombol yang biasanya ditangkap dengan menggunakan jaring oleh masyarakat sekitar. Burung punai kalau dilihat secara sekilas hampir sama dengan burung dara atau merpati.

Kuliner khas Pontianak ini dapat kamu beli di Pondok Pengkang dan Bebek Bejo yang biasanya dibanderol dengan harga Rp15.000/porsi.

5. Tiam Mie

Tiam Mie

Kota Pontianak memang dikenal sebagai salah satu daerah yang mempunyai keragaman kuliner yang khas dan menarik.

Terutama untuk kuliner Tionghoa yang dapat dikatakan masih otentik. Salah satu contoh kulinernya adalah Tiam Mie.

Tiam Mie mempunyai makna dalam bahasa Tio Ciu Pontianak adalah mie manis.

Bahan utama yang digunakan untuk membuat TIam Mie adalah mie kuning, bawang putih cincang, sayur kuchai, taoge, kecap asin, dan juga gula merah cair.

Cita rasa yang dimiliki oleh Tiam Mie begitu khas, aroma yang dimiliki juga sangat wangi, dan tekstur dari tiam mie begitu kenyal ketika disantap. TIam Mie sangat pas untuk dinikmati ketika hangat.

Kuliner ini dapat kamu beli di Kengci Kwetiau 93 dan Kwetiau Alliang dengan harga sekitar Rp10.000/porsi.

Leave a Comment