Seruit

Makanan Khas Lampung

Makanan Khas Lampung – lampung adalah provinsi yang berada di ujung selatan Pulau Sumatera yang kerap menjadi tempat perburuan para wisatawan karena destinasi wisatanya.

Taman Nasional Way Kambas yang berada di Lampung sangatlah terkenal karena di Taman Nasional ini berhasil melestarikan banyak jenis gajah.

Namun, masih banyak kok tempat wisata lain yang tidak kalah kerennya dengan Taman Nasional Way Kambas yang berada di Lampung.

Kamu juga tidak boleh lupa bawa wisata kuliner yang ada di Lampung juga begitu banyak dan unik.

Ada begitu banyak warisan kuliner yang selalu dikembangkan hingga saat ini dan menjadi makanan khas yang unik, lezat, dan memiliki cita rasa yang menjanjikan.

Nah, daripada kita berlama-lama. Bagaimana kalau kita langsung membahas ke topik utama yang sudah dirangkum oleh Medistia untuk kawan-kawan mengenai makanan khas Lampung di bawah ini:

1. Tempoyak

Tempoyak

Kuliner yang satu ini merupakan kuliner yang berasal dari bangsa Melayu sesuai dengan riwayat dari Hikayat Abdullah. Nama dari makanan tersebut adalah tempoyak.

Tempoyak merupakan makanan yang terbuat dari buah durian yang telah difermentasikan.

Kuliner ini pada umumnya dimanfaatkan sebagai lauk karena rasanya yang asam. Rasa asin yang keluar dari tempoyak dihasilkan melalui proses fermentasi pada daging buah durian.

Berapa orang yang memiliki ketahanan terhadap asam yang dimiliki oleh tempayak biasanya memakan secara langsung.

Di Kota Lampung, kuliner ini sangat terkenal sebagai bahan dalam hidangan seruit atau campuran untuk sambal.

Untuk kamu yang berminat dengan makanan khas Lampung ini, kamu bisa mendapatkan nya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp 12.000 per ons.

2. Seruit

Seruit

Jika kamu belum tahu apa itu seruit, Medistia dengan senang hati akan menjelaskannya untuk kamu. Seruit merupakan makanan yang tercipta dengan memanfaatkan bahan utama ikan sungai.

Apa saja ikan sungai yang dapat digunakan untuk membuat seruit? Ikan yang bisa kamu gunakan adalah ikan baung, layis, belide dan semacamnya.

Untuk proses pengolahannya kamu bisa menggunakan 2 metode, yakni digoreng atau dibakar.

Cita rasa yang dimiliki seruit sangat lezat. Hal ini disebabkan karena selama proses pembuatan seruit, ikan yang digoreng ataupun di bakar selalu diolesi dengan kecap manis dan campuran bumbu yang berasal dari garam, ketumbar, dan bawang putih.

Pada umumnya, seruit disantap bersama dengan sambal, lalapan, ataupun tempoyak.

Mengenai harga untuk kuliner yang satu ini sangatlah bervariasi, ada yang mulai dari harga Rp 40.000 per porsi atau bahkan lebih.

3. Gulai taboh

Gulai taboh

Makanan yang hampir mirip dengan sayur lodeh ini adalah makanan khas Lampung yang sangat terkenal.

Gulai taboh pada umumnya dihidangkan bersama ikan. Kamu juga harus tahu bahwa gulai taboh sendiri memiliki dua macam jenis.

Gulai taboh yang pertama adalah gulai taboh yang berbahan dasar ikan laut yang ditambahkan dengan sayuran daun tangkil. Gula tebu yang kedua adalah gula tabel yang berbahan dasar ikan sungai yang biasanya dihidangkan dengan campuran tuba dan kluwek.

Cita rasa yang dihasilkan dari gulai taboh sangat lezat dan kuat. Uang yang harus kamu keluarkan untuk bisa mendapatkan satu porsi gulai taboh Rp 20.000.

4. Gabing

Gabing

Kali ini kita akan membahas tentang kuliner gabing. Gabing merupakan makanan khas Lampung yang berbahan dasar batang kelapa yang masih muda.

Batang kelapa yang masih muda tersebut diolah dengan cara direbus ataupun dimasak yang kemudian ditambahkan bumbu opor dan juga santan.

Gabing mempunyai cita rasa yang unik dan enak, agar cita rasa yang dimiliki gabing semakin enak, kamu bisa menambahkan daging ataupun jamur didalamnya.

Untuk kamu yang ingin membeli gabing, kamu hanya perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 10.000 saja per porsinya.

5. Geguduh

Geguduh

Diantara kamu, pernahkah kamu mendengar makanan ini? Mungkin terdengar sedikit aneh dan unik. Namun semua persepsi miringmu akan berubah ketika kamu mencicipi makanan khas Lampung ini.

Nama kuliner ini adalah geguduh. Geguduh adalah penganan yang tercipta dari pisang kepok dan ada juga yang dikombinasikan dengan selai, tepung terigu, dan juga susu.

Proses pembuatan geguduh pada umumnya di goreng untuk menghasilkan tekstur yang lembut namun renyah.

Untuk bisa meningkatkan aroma dari geguduh, kamu bisa menambahkan air kapur sirih ataupun daun pandan.

Geguduh adalah kuliner yang tepat dikonsumsi bersama dengan kopi hangat sambil menikmati waktu sore.

Geguduh bisa kamu beli dengan harga Rp 2.000 per biji.

6. Sambal Asam Kembang

Sambal Asam Kembang

Sambal ini tidak mencerminkan dari namanya, jadi sambal ini tidak terbuat dari asam. Melainkan sambal yang terbuat dari campuran buah kemang yang memiliki bentuk seperti mangga muda dan terasi.

Sambal Asam Kembang sangat pas untuk disantap bersama dengan kuliner khas Lampung lainnya. Kamu juga bisa menjadikan Sambal Asam Kembang sebagai buah tangan ketika kamu pulang.

Cita rasa yang disajikan oleh sambal asam kembang ini begitu unik dan nikmat. Untuk satu botol harga Sambal Asam Kembang sekitar Rp 20.000 saja.

Yuk, baca juga:

7. Kue Lapis Legit

Kue Lapis Legit

Bercerita sedikit mengenai sejarah dari penganan ini. Kue Lapis Legit merupakan kuliner warisan kolonial yang hingga saat ini masih bisa kita temukan dan kue ini cukup disukai banyak orang.

Nama lain Kue Lapis Legit dalam bahasa Belanda adalah Spekkoek. Bahn dasar yang digunakan untuk membuat kue ini adalah mentega, tepung terigu, gula, dan juga telur ayam.

Kue ini sangat khas mengenai aromanya yang begitu harum karena terdapat rempah-rempah didalamnya. Apa saja rempah-rempah tersebut? Yakni kayu manis, cengkih, kapulaga, adas manis, dan bunga pala.

Cita rasa yang dimiliki penganan ini sama dengan namanya, yakni manis. Mempunyai tekstur yang sangat lembut dan memiliki aroma yang harum.

Siapa saja yang mencicipi kue ini, sudah pasti akan ketagihan. Apalagi kamu yang suka dengan makanan manis, jamin gak berhenti memakannya.

Kue ini memang tergolong sedikit mahal, namun sebanding dengan cita rasa yang ditawarkan. Kue Lapis Legit biasanya dibanderol dengan harga Rp 40.000.

8. Pempek Lampung

Pempek Lampung

Tidak hanya di Palembang saja, ternyata di Lampung, pempek juga menjadi makanan yang sangat populer dan laris.

Hal ini juga disebabkan karena Lampung dan Palembang masihlah bagian dari satu rumpun dan satu wilayah, yakni wilayah Sumatera Selatan.

Pempek Lampung memiliki bahan dasar utama yakni daging ikan laut seperti ikan tenggiri dan juga campur tepuk terigu.

Sama dengan pempek palembang, ada juga cuko atau saus air yang dididihkan. Setelah itu ditambahkan ebi atau udang kering, cabai rawit yang telah ditumbuk, gula merah, garam, dan bawang putih. Semua bahan diatas sangat dibutuhkan untuk melengkapi cita rasa dari pempek Lampung.

Rasa yang dihadirkan pempek Lampung untuk lidah penikmatnya adalah rasa gurih dan lezat. Bagi kamu yang gemar dengan sensasi pedas, kamu bisa menambahkan cabai dalam jumlah yang lebih banyak.

Harga untuk satu porsi pempek Lampung cukup murah, yakni Rp 5.000 per porsi.

9. Mie Lampung

Mie Lampung

Yang selalu menjadi pembeda antara mie Lampung dengan mie lainnya adalah tekstur yang dimiliki mie Lampung sangat halus dan tidak begitu lembek.

Pada umumnya, mie Lampung selalu diberi topping daging ayam cincang dan bumbu khas yang membuatnya sangat lezat dan bikin ketagihan.

Karena rasanya yng begitu lezat, mie Lampung selalu dimanfaatkan untuk menu olahan kuliner lain. Contoh kuliner lain yang memanfaatkan mie Lampu seperti bihun ayam, mie bakso, mie ayam, bahkan sampai mie pangsit.

Kuah yang selalu mendapingi mie Lampung diberi taburan daun bawang dan daun seledri. Harga yang dibanderol untuk satu mangkuk mie Lampung adalah Rp 20.000 saja.

10. Kue Sekubal

Kue Sekubal Lampung

Makanan khas Lampung selanjutnya adalah kue sekubal. Kue sekubal adalah kue yang terbuat dari santan dan ketan yang dibungkus menggunakan daun pisang. Metode memasak untuk kuliner ini adalah dikukus.

Kue yang satu ini sangat lezat, namun akan lebih lezat lagi ketika kita memakannya bersama dengan bumbu rendang ataupun tape ketan.

Rasa dominan yang dihadirkan dari kue ini ada rasa gurih dan biasanya kue ini selalu ada ketika ada acara besar atau perayaan hari besar.

Untuk proses pembuatan kue ini tergolong cukup lama, membutuhkan waktu sekitar 8-10 jam. Harga kue inib dibanderol sekitar Rp 5.000/buah.

Pemberitahuan! Semua catatan yang Medistia bagikan adalah data terakhir pada saat tulisan ini tercipta. Apabila terdapat perubahan yang kamu ketahui, tolong informasikan kepada kami melalui kolom komentar di bawah ya. Terima Kasih sobat Medistia.

Leave a Comment