Makanan Khas Jepang

Makanan Khas Jepang – Seperti yang kita ketahui bahwa Jepang merupakan salah satu negara yang mempunyai kebudayaan yang sangat kuat. Tak mengherankan jika banyak orang dari berbagai negara ingin mengujungi Jepang, contohnya saja seperti masyarakat Indonesia.

Selain kaya akan kebudayaan, ternyata Jepang juga kaya akan makanan tradisionalnya yang berkembang begitu cepat dengan cita rasa yang khas. Karena keunggulan inilah yang membuat makanan Jepang menjadi bagian hidup dari kebudayaan yang semakin lama tak terhitung jumlahnya.

Nah, dari sekian banyak daftar makanan Jepang, mulai dari makanan yang bersifat ringan hingga makanan yang dapat membuat kamu kenyang, mana nih makanan khas Jepang yang jadi favoritmu?

Berikut ini beberapa makanan Jepang yang begitu akrab di telinga ataupun lidah masyrakat Indonsia yang Medistia.web.id rangkum dari Brilio.net.

1. Sushi

kuliner khas jepang

Sushi merupakan salah satu kuliner yang sangat terkenal di Jepang dan ada beberapa masyarakat Indonesia gemar dengan kuliner ini. Sushi sendiri merupakan nasi yang digulung.

Biasanya dicampur dengan sayur, seafood, dan juga beberapa potongan mentimun, unagi (belut), ataupun salmon, setelah itu dibalut dengan nori (rumput laut) bisa juga dibalut dengan daun seperti shiso yang memanfaatkan makisu atau anyaman bambu persegi panjang.

Sebelum disuguhkan, sushi biasanya dipotong dalam ukuran pendek agar memudahkan untuk dikonsumsi.

2. Sup miso

kuliner jepang

Di negara Sakura ini, sup miso biasa disuguhkan sebagai hidangan pembuka ataupun hidangan pendamping yang sudah umum dilakukan.

Sup miso dapat dikatakan hidangan yang penting untuk masyarakat Jepang, sama halnya dengan kopi bagi masyarakat Indonesia.

Miso sup adalah sup hangat yang mencakup miso, tahu, dan juga dashi (dashi itu bumbu yang kerap digunakan untuk membuat kaldu ikan).

Miso sendiri adalah produk bumbu khas Jepang yang terbuat dari kacang kedelai yang telah mengalami fermentasi. Sup miso yang baik mampu menyeimbangkan bahan-bahan mengapung dengan bahan-bahan yang mudah tenggelam.

3. Tempura

makanan jepang

Hayooo siapa yang belum tahu apa itu tempura? Tempura merupakan adonan ringan yang terbuat dari berbagai macam aneka ikan ataupun sayuran yang dibalut dengan menggunakan campuran dari tepung gandum, telur, air, dan kemudian digoreng dengan minyak sayur.

Makanan khas Jepang ini ada baiknya dimasak dengan suhu rendah dalam waktu singkat agar tidak merusak cita rasa bahan yang digunakan.

Ada banyak sekali restoran mahal di kota Sakura ini yang menyuguhkan tempura renyah yang baru saja matang dengan campuran bumbu garam saja.

4. Edamame

macam-macam makanan dari jepang

Untuk kamu yang belum tahu apa itu Edamame, akan Medistia jelaskan. Edamame biasa dikenal masyarakat Indonesia sebagai kedelai asal Jepang yang diproses dengan dikukus ataupun direbus dan diberi sejumput garam untuk menambahkan rasa. Di Jepang, negara asal dari Edamame dinyatakan bahwa tanaman ini masuk dalam jenis tropis dan biasa dijadikan sebagai sayuran dan juga cemilan sehat.

Kedelai sayuran ini dapat kamu temukan di beberapa restoran Jepang atau restoran Jepang yang cukup berkelas untuk disantap sebagai cemilan sehat yang mempunyai rasa lezat dan gurih, bisa juga dihidangkan sebagai sup. Sebagian besar restoran juga dapat melayani edamame beku.

Baca juga:
Makanan Khas BatamMakanan Khas Cirebon
Makanan Khas PurwokertoMakanan Khas Padang

5. Ramen

makanan khas jepang yang enak

Kali ini kita akan membahas tentang makanan khas Jepang yang menggunakan bahan utama mie. Masakan olahan mie dari Jepang yang satu ini sangat terkenal hingga mancanegara, nama masakan tersebut adalah ramen.

Pada dasarnya makanan ini berasal dari China dan orang Jepang menyebut kuliner ini dengan sebutan chuka soba.

Ciri khas yang dimiliki ramen adalah pada penyajiannya, yakni rebusan mie yang telah dituang ke dalam mangkuk yang telah diisi dengan kaldu, diberi tambahan lauk pauk seperti telur rebus, menma, chasiu, irisan daun bawang sebagai penyedak rasa, dan untuk mempercantik hidangan biasanya diberi narutomaki ataupun nori.

Ramen asli Jepang cukup bervariasi dan ini didasarkan dari asal daerahnya, seperti dari Hokkaido, Aomori, Shinetsu, Kanto, Chungoku, Kyushu, Tokai, dan Kinki.

Ramen pada dasarnya mempunyai rasa yang khas dan gurih. Ramen sendiri sangat mantap disantap ketika hangat dengan harga mulai dari Rp15.000/porsinya.

6. Mochi

Mochi

Kali ini kita akan membahas tentang kue khas Jepang yang bernama mochi. Mochi merupakan makanan yang terbuat dari beras ketan yang telah ditumbuk hingga lembut dan terasa lebih lengket. Setelah itu dibentuk dalam bentuk bulat, diolah dengan cara dipanggang ataupun direbus.

Mochi adalah salah satu hidangan yang kerap ada ketika perayaan tahun baru Jepang atau mochitsuki, namun kamu juga bisa mendapatkan kue ini di toko oleh-oleh.

Berbicara soal rasa, mochi memiliki cita rasa yang khas dimana tekstur mochi begitu lembut dan sedikit kenyal ketika dimakan, kemudian terasa lengket di mulut.

Mochi sendiri mempunyai ragam isi yang berbeda mulai dari kacang bahkan hingga es krim. Harga untuk satu kemasan biasanya dibanderol mulai dari Rp20.000 saja.

7. Okonomiyaki

Okonomiyaki

Makanan khas Jepang berikutnya adalah okonomiyaki. Kuliner Jepang ini berbahan dasar tepung terigu yang dibuat dengan cara diencerkan bersama dashi ataupun air.

Setelah itu ditambahkan dengan kol, telur ayam, daging babi, ataupun makanan laut. Setelah itu, digoreng diatas teppan atau penggorengan datar.

Okonomiyaki umumnya dijadikan sebagai lauk yang dilapisi dengan topping yang dapat dibuat sesuai selera masing-masing.

Okonomiyaki pada dasarnya ada 2 jenis, pembeda antara satu dengan yang lain adalah cara menggorengnya, dimana kol dicampur dengan adonan pada okonomiyaki ala Kansai dan kol diletakkan di atas adonan pada okonomiyaki ala Hiroshima.

Okonomiyaki mempunyai cita rasa yang sangat khas dan lezat, dan kamu bisa mendapatkannya hanya dengan mengeluarkan uang sebesar Rp10.000 saja perporsinya.

Leave a Comment