GIMP
Apps

GIMP

GIMP adalah aplikasi pengeditan gambar open source yang dapat kamu gunakan secara gratis tanpa biaya sepeser pun. Aplikasi ini memiliki banyak fitur menarik dan profesional yang menyaingi Adobe Photoshop.

Jika kamu ingin menggunakan Adobe Photoshop namun dengan harga yang terbatas, maka GIMP mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu, karena hampir semua fitur dari aplikasi ini dibuat oleh Adobe di dalam aplikasi ini.

Selain tersedia untuk Windows, aplikasi ini juga tersedia untuk berbagai sistem operasi komputer lain seperti Linux, OS X, dll. Salah satu fitur menarik dari aplikasi ini adalah fungsi editing.

Dengan menggunakan fitur-fitur ini, kamu dapat dengan mudah meningkatkan foto atau gambar kamu untuk membuat karya seni yang epik. Fitur lain yang dibangun ke dalam aplikasi ini termasuk pengurangan kebisingan, pemotong, penyesuaian warna, kuas, gradien, dan lain sebagainya.

Baca juga: Audacity

GIMP juga dilengkapi dengan beberapa fitur canggih seperti filter, layer mask, kurva, dan masih banyak yang lainnya. Jika kamu kurang puas dengan fitur bawaannya, kamu tidak perlu khawatir karena aplikasi ini menyediakan berbagai plugin yang bisa kamu unduh dan instal secara gratis.

Fitur GIMP

Meskipun merupakan aplikasi gratis dan open source, namun fitur bawaannya selengkap aplikasi edit gambar berbayar. Di bawah ini adalah beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan dengan menggunakan aplikasi ini:

1. Antarmuka yang dapat disesuaikan

Seperti halnya Photoshop, karena banyaknya fitur yang ada di dalam aplikasi ini, perlu waktu lama bagi kamu untuk terbiasa dengan pengaturan saat menggunakannya.

Namun, jika kamu mengalami masalah dalam menggunakan fitur tertentu atau ingin bekerja dengan cepat, kamu dapat menyesuaikan antarmuka sesuai keinginan kamu sehingga fitur yang biasa kamu gunakan dapat dengan cepat dipilih.

2. Berbagai plugin tersedia.

Fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi ini sebenarnya cukup bagi fotografer untuk memoles potret mereka, tetapi jika kamu merasa GIMP tidak memiliki fitur bawaan yang sesuai dengan kebutuhan kamu, kamu tidak perlu khawatir.

Karena GIMP memiliki ratusan plugin gratis dengan fitur berbeda. Jika hanya untuk menyempurnakan foto digital, mengubah format gambar, membuat animasi, memasukkan teks, mengatur saturasi dan kontras, dan mengkloning objek, tentunya kamu tidak perlu menggunakan plugin tambahan karena fungsi-fungsi tersebut sudah disediakan.

Baca juga: PhotoScape

3. Mendukung pemrosesan batch

GIMP memiliki banyak fitur yang dapat membantu kamu menyelesaikan banyak tugas pengeditan, dari yang umum hingga yang lebih kompleks.

kamu dapat menerapkan pengaturan khusus ke beberapa gambar, jadi kamu tidak perlu menerapkannya ke satu gambar dalam satu waktu.

Singkatnya, GIMP adalah alternatif Adobe Photoshop terbaik yang dapat kamu gunakan secara gratis.

Fungsi lengkap dan banyak pilihan plugin juga menjadi salah satu keunggulan aplikasi ini. Menariknya, meski fiturnya banyak, GIMP tergolong ringan, jadi kamu tidak perlu khawatir akan memperlambat kinerja PC kamu.

Catatan Rilis

2.10.20.1

  • Adanya perbaikan dan penambahan pada Menu Tool-group yang dapat diperluas.
  • Hadirnya fitur pemotongan non-destruktif saat ini.
  • Ada penambahan format dengan dukungan PSD.
  • Adanya tambahan pada fitur kontrol kanvas untuk filter Vignette.
  • Adapun penambahan untuk filter baru seperti Focus, Blur, Lens Blur, Bloom, dan juga Variable Blur.
  • Hadir dengan opsi Blending pada dialog filter.
  • Adanya perbaikan pada bug dan juga peningkatan fitur.
Versi terbaru 2.10.20.1
Publisher The GIMP Team
Sistem Operasi Windows
Kategori Aplikasi Multimedia
Lisensi Freeware

Download GIMP Terbaru

Download GIMP (171 MB)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *