Blender
Apps

Blender

Blender adalah aplikasi gratis dan open source yang dapat digunakan untuk membuat berbagai model 3D dan 2D, termasuk pemodelan, animasi, pemasangan, simulasi, rendering, fusi dan pelacakan gerak, serta pengeditan video dan pembuatan game.

Aplikasi ini cocok untuk pemula yang ingin belajar cara membuat animasi 3D, karena selain gratis, aplikasi ini juga dilengkapi dengan fungsi yang lengkap. Namun, jika ini adalah pertama kalinya kamu menggunakannya, mungkin akan sulit bagi kamu.

Hal ini disebabkan karena aplikasi ini memiliki tampilan antarmuka yang canggih dan kompleks, sehingga akan terasa sulit bagi pemula. Untungnya, aplikasi ini juga menyediakan tentang panduan pengguna dan tutorial terstruktur untuk membantu kamu menguasai aplikasi.

Sebenarnya ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat model 3D dan 2D yang bisa digunakan di PC Windows, namun aplikasi ini biasanya banyak dipilih oleh orang-orang karena beragam macam fitur yang dimiliki.

Baca juga: XnView

Fitur blender

Banyaknya orang yang memilih menggunakan aplikasi ini untuk membuat model 3D dan 2D tentunya bukan tanpa alasan. Berikut beberapa fitur yang perlu kamu ketahui tentang Blender:

1. Gratis dan open source.

Kamu dapat menggunakan semua fitur yang ada di aplikasi ini secara gratis. Selain itu, ini adalah aplikasi open source, jadi siapa pun bisa membantu mengembangkannya.

2. Dokumentasi lengkap dari panduan pengguna dan tutorial.

Antarmuka software ini memang diciptakan khusus untuk pengguna tingkat lanjut, untuk pemula aplikasi ini akan terlihat sangat sulit.

Untungnya, aplikasi ini dilengkapi dengan panduan pengguna dan tutorial secara terperinci dan lengkap yang dapat membantu para pemula untuk menguasai fitur-fitur yang ada didalamnya.

Selain itu, karena aplikasi ini memang bersifat open-source, maka kamu bisa melakukan komunikasi dengan anggota dari komunitas Blender online untuk mengatasi beberapa masalah tertentu yang membuat kamu kesusahan.

3. API Blender.

Teruntuk mereka para pengguna yang sudah mahir dapat menggunakan API Blender untuk mengembangkan skrip Python agar dapat menyesuaikan aplikasi dan menulis alat mereka sendiri untuk menyesuaikan dengan kebutuhan mereka.

Baca juga: AVS Video Editor

4. Lintas platform.

Software ini dapat dioperasikan pada Operating System Windows, Macintosh, dan juga Linux.

Singkat cerita, aplikasi ini adalah pilihan yang pas dan tepat bagi kamu yang ingin membuat model 2D atau 3D dengan aplikasi gratis di PC Windows kamu.

Namun ada beberapa kekurangan yang dihadirkan oleh aplikasi ini, yakni pengguanaan CPU dan juga memori yang tergolong cukup besar. Tetapi, hal itu semua tergantung dari kompleksitas model yang ingin kamu ciptakan.

Versi terbaru 2.90
Publisher Blender
Sistem Operasi Windows
Kategori Aplikasi Multimedia
Lisensi Freeware

Download Blender Terbaru

Download Blender Installer 32-bit

Download Blender Installer 64-bit

Download Blender Portabel

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *