Audacity
Apps

Audacity

Audacity adalah aplikasi open source gratis yang digunakan untuk mengedit audio. Aplikasi atau software ini dapat kamu gunakan pada sistem operasi Windows, Linux dan juga Mac. Aplikasi ini umumnya juga cocok untuk pemula untuk mengedit suara dasar.

Karena lebih mudah digunakan, aplikasi ini juga memiliki antarmuka yang cukup intuitif. Jadi, jika kamu baru menggunakannya untuk pertama kali, tidak butuh waktu lama untuk menguasainya..

Karena kapasitas yang terbatas, aplikasi ini tidak cocok untuk membuat suara atau musik yang rumit, tetapi jika kamu ingin suara sederhana, Audacity bisa menjadi pilihan yang tepat.

Baca juga: Any Video Converter

Audacity juga sering digunakan oleh orang-orang yang suka merekam suara melalui microphone karena aplikasi ini juga dapat membuat suara yang direkam lebih jernih dan enak didengar.

Fitur Audacity

Sebenarnya ada banyak aplikasi audio editing yang bisa digunakan di PC Windows, tapi banyak juga yang lebih suka menggunakan Audacity. Tentu saja, mereka memilihnya karena suatu alasan, jadi berikut adalah beberapa keuntungan atau fitur Audacity yang perlu kamu ketahui:

1. Memiliki fungsi rekaman suara lengkap

Audacity biasanya menjadi aplikasi favorit bagi orang-orang yang suka merekam audio karena ada banyak fitur perekaman yang bisa kamu gunakan di aplikasi ini.

Tak hanya itu, aplikasi ini juga bisa merekam audio dari beberapa perangkat sekaligus lho, entah itu mikrofon, perangkat USB, dan lain sebagainya. Menariknya, kamu juga bisa mengontrol volume, baik saat merekam, sebelum atau sesudah merekam.

2. Ekspor dan impor file.

Dengan Audacity, kamu juga dapat mengekspor dan mengimpor editing file selesai audio dan dikombinasikan dengan file lain atau rekaman baru. Aplikasi ini mendukung berbagai format audio, AIFF, WAV, MPEG, FLAC, Ogg Vorbis, dan sebagainya.

Baca juga: Winamp

3. Kualitas suara

Kualitas suara merupakan faktor penting saat menyimpan atau membuat file audio. Menggunakan Audacity, kamu dapat mengedit dan merekam audio dengan sampel 16 bit, 24 bit dan 32 bit. Kecepatan dan sampel format juga dapat dikonversi menggunakan resampling berkualitas tinggi.

4. Ada banyak plugin.

Jika kamu merasa fitur built-in Audacity tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan kamu, jangan khawatir, karena aplikasi ini menawarkan banyak pilihan termasuk plug-in VST, plug-ins LADSPA, Nyquist LV2, dan sebagainya.

Menggunakan aplikasi ini, kamu dapat dengan mudah mengubah efek Nyquist dengan editor teks, bahkan jika perlu, kamu juga dapat membuat sendiri plug-in sesuai dengan kebutuhan kamu.

5. Fungsi editing audio yang cukup lengkap

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan berbagai fungsi editing audio dasar seperti copy, paste, cut, delete dan sebagainya. Jangan khawatir jika kamu membuat kesalahan saat mengedit, karena kamu dapat membatalkan tindakan sebelumnya tanpa batas waktu dengan fungsi undo.

Baca juga: PowerISO

6. Dilengkapi dengan fungsi analisis suara

Aplikasi ini juga dilengkapi dengan fungsi sound analyzer, salah satunya adalah mode tampilan spektrogram yang memudahkan untuk melakukan visualisasi dan memilih frekuensi audio. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menganalisis dengan jelas perbedaan antara volume utama dan musik latar.

Catatan Rilis

2.4.2

  • Adanya pembaruan pada perpustakaan ke wx3.1.3.
  • Item menu telah diperbarui dengan “configuration reset”.
  • Adanya perbaikan pada bug software dan juga peningkatan pada fitur yang ada,
Versi terbaru 2.4.2
Publisher Audacity
Sistem Operasi Windows
Kategori Aplikasi Multimedia
Lisensi Freeware

Download Audacity Terbaru

Download Audacity (Installer)

Download Audacity (Portable)

You might also like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *